List negara-negara yang ingin kukunjungi



Assalamualaikum, pelesiran keberbagai negara, tak ada rasa bosan ketika membahas tentang yang satu ini. Banyak yang memimpikannya dan masing-masing dari kita pun punya perencanaan akan hal ini, mulai dari menentukan negara tujuan, menyiapkan dana juga mencaritahu informasi apa saja yang harus dipersiapkan, termasuk diriku ini adalah seorang wanita yang memakai niqab yang juga sangat memimpikan bisa mengunjungi berbagai negara, bukan sekedar jalan-jalan semata tapi mengambil manfaat tentang pelajaran hidup, keanekaragaman negara tersebut, sejarah peradaban bangsa dan juga lebih membuat diri lebih mencintai tanah air karena sejauh apapun mengelilingi dunia tak ada yang lebih baik dan lebih indah seindah negara tercinta. Mungkin ada sebagian pihak yang meragukan jika ada wanita yang memakai niqab atau cadar sambil berpelesiran namun bagiku niqab sama sekali bukan penghalang untuk sebuah perjalanan, bukan hal yang tak mudah memang namun di setiap perjalanan itu selalu menentramkan dan memberikan keamanan. Berbicara tentang mimpi, kebanyakan orang di dunia ini memiliki itu. Mimpi adalah bagian dari fasilitas sang pencipta, ini adalah target kehidupanku meskipun faktor ekonomi belum memungkinkan tapi keyakinan akan hal itu adalah penyemangat bagi diriku sendiri maka dari itu selama bermimpi itu gratis dan tak dilarang kenapa tidak? berikut negara-negara yang ingin aku kunjungi di tahun-tahun mendatang.

1.       YAMAN


            Sumber gambar: http://yatarim.com/

Mengapa Yaman? Karena keindahan Timur Tengah tidak hanya pada padang pasirnya, Dubai dengan gedung pencakar langitnya, dan Saudi Arabia dengan pesona religiusnya. Yaman adalah surga bagi mereka yang menginginkan belajar tentang kesederhanaan hidup, keikhlasan hati, ketenangan jiwa dan bagaimana cara bersikap pada sang pencipta. Terlebih negara ini adalah negara yang mewakili diriku, mengapa aku ada, karena merupakan identitasku selain Indonesia, merupakan negara dimana buyutku berada, yang meninggalkan negaranya jauh mengelana ke Indonesia mencari pujaan hatinya (hehehehe iya karena kalau kakekku tidak bertemu dengan nenekku di Indonesia maka aku tidak akan ada, maaf lebai dikit :D ) hehehe bercanda lebih tepatnya menyebarkan agama Islam, kalau soal jodoh itu bonus dari Allah :D. Suatu saat aku akan menginjakkan kaki di salah satu bumi para nabi ini. Aamiin, di Yaman lebih tepatnya di Tarim, Hadramaut.

2.      SAUDI ARABIA
Sumber gambar: http://wall--art.com/

Bagi pemeluk Islam tentu tak akan asing dengan negara ini, negara dimana Rasulullah bermula mengemban dakwahnya, mensyiarkan risalahnya sehingga setiap tahun di bulan haji maka negara ini menjadi salah satu destinasi bagi muslim dan muslimah menyempurnakan rukun islam yang ke-lima. Begitupun denganku, rasanya ingin sekali bisa melakukan perjalanan spiritual apalagi bersama keluarga tercinta yang menjadi penyemangat langkahku.

3.      AUSTRALIA 

Australia? Tak dirugakan lagi bahwa negara tetangga Indonesia yang satu ini adalah destinasi yang paling diminati para mahasiswa pemburu beasiswa juga bagi pelesir mulai dari yang berkantong tebal sampai yang harus rela berhemat demi menginjakkan kaki di negara kangguru ini. Namun bagiku negara ini adalah sejarah, sebuah tempat dimana namaku dicetuskan, iya benar tepatnya di Perth, Australia Barat ketika ayah kandungku pernah menimba ilmu disana. Perth, aku masih mencium bau tanahmu dari sini *Lebai.com gak apa-apa kan :D.  Terlebih di negara inilah ayah angkatku berada, ayah yang tak pernah kujumpai selama 19 tahun, seperti apa raut wajahnya akupun tak tahu, yang jelas jauh disana di lubuk hatiku aku masih menyimpan keyakinan bahwa suatu saat aku akan bertemu denganmu, aku merindukanmu ayah dan semoga engkau baik-baik saja disana.

4.      AUSTRIA
Sumber gambar: https://pixabay.com/

Eropa tak hanya indah dengan London, Paris, Jerman namun  juga Austria. Negara yang ber-ibukotakan Wina ini adalah negara eksotik yang terletak di antara gugusan pegunungan Alpen, negara yang tak hanya indah dengan kemasyhuran musiknya, yang melahirkan komponis klasik yang sangat terkenal di dunia yakni Mozart begitupun dengan Beethoven yang terkenal dengan alunan Fur Elise-nya yang menghabiskan sisa hidupnya di kota menawan ini. Bukan hanya itu, bagiku negara ini adalah salah satu rute perjalanan spiritual di benua biru, menikmati suguhan keramahan masyarakatnya, tapi juga menyaksikan sisa catatan terakhir ekspansi kekhalifaan Ottoman di tanah Eropa tepat di kaki bukit Kahlenberg begitupun tapal batas kekuasaan Islam di Eropa. Menakjubkan bukan? Negara ini pula adalah negara pertama di Eropa yang mengakui islam sebagai agama resmi dan menjamin kebebasan beragama. Jadi tak sabar ingin tahu seperti apa rasanya apalagi bersepeda disepanjang jalan setapak gunung Alps dan lebih romantis apabila ditemani seseorang terkasih.  *ciee so sweet, jangan ngiler ya :D
Sumber gambar: https://pixabay.com/
5.      AMERIKA SERIKAT
Sumber gambar: https://pixabay.com/

Mendengar negara ini tentu tidak asing lagi, negara adidaya yang juga terkenal dengan industry per-filemannya sebut saja Hollywood, atau bagaimana masyarakatnya yang berpacu dengan waktu untuk sebuah kata “MONEY” atau orang Indonesia menyebutnya uang. Tapi Amerika tidak hanya indah akan mode fashion kelas atasnya, panorama pantai Los Angeles atau kesibukan kota New York yang 24 jam non stop. Aku memimpikan ke negara ini menjelajahi atmosfir lain dari sekelumit sejerah peradaban yang telah punah, yang mungkin tak banyak diketahui bahwa negara ini adalah tempat dimana warisan budaya pernah ada, yakni Suku Indian muslim di negeri paman Sam ini. Apabila melangkahkan kaki menuju Perpustakaan Kongres (Library of Congress). Lantas, coba mintalah arsip perjanjian pemerintah Amerika Serikat dengan suku Cherokee, salah satu suku Indian, tahun 1787. Di sana akan ditemukan tanda tangan Kepala Suku Cherokee saat itu, bernama Abdel Khak dan Muhammad Ibnu Abdullah yang isi perjanjian itu antara lain adalah hak suku Cherokee untuk melangsungkan keberadaannya dalam perdagangan, perkapalan, dan bentuk pemerintahan suku cherokee yang saat itu berdasarkan hukum Islam. Lebih lanjut, akan ditemukan kebiasaan berpakaian suku Cherokee yang menutup aurat sedangkan kaum laki-lakinya memakai turban (surban) dan terusan hingga sebatas lutut. Kapan yah? sebuah perjalanan spiritual yang mengisahkan potret sisi lain Amerika Serikat. Dan terakhir adalah potret wanita Suku Cherokee dari Amerika untuk Indonesia.

6.      CHINA
Sumber gambar: google.com

Siapa yang tidak mengenal negara ini? Negara yang berpenduduk terbesar di dunia, bahkan di setiap negara sangat bisa dijumpai orang-orangnya. Keindahan negara ini bukan hanya terletak pada tembok raksasanya namun juga kehidupan masyarakatnya yang penuh keteduhan, bukan hanya shaolin namun juga sejarah tentang islam disana. Sebuah pelesiran yang sangat istimewa ketika itu membuatku lebih dekat pada Allah. Aku memilih china karena aku ingin mengenal seperti apa perkembangan islam disana, tatanan masyarakatnya maupun tempat ibadahnya. China bisa menjadi salah satu tempat inspirasi baru bahkan lebih dari itu. China adalah cinta yang istimewa sama seperti Ashima pada negerinya. Assalamualaikum Beijing :D


7.      TURKI
Sumber gambar: http://cheria-travel.com


Ada yang tidak tahu negara ini? Tahu si cantik Elif? Kalau tidak tahu ada baiknya searching sama mbah Google dulu yah :D hehehe.  Negara ini terletak di antara dua benua, sudah bukan cerita lagi jika negara ini sarat akan pesona apalagi ketika berkunjung ke negara ini sambil bulan madu :D *aamiin  ^_^. Berkunjung ke turki tak ada salahnya menapakkan kaki di Cappadocia, sebuah destinasi romantis  (*menurut aku yah karena bisa naik balon terbang) selain mesjid biru dan aya shofia. Menjelajah sambil menguatkan iman, kenapa tidak? Justru mengasyikkan. Tahu tidak kalau beberapa peninggalan Nabi Muhammad ada di salah satu museum di negara ini loh. Turki tidak akan mengecewakanmu jika pengetahuan akan sejarah islam maupun agama lain yang ingin kamu ketahui.


8.      SELANDIA BARU

Sumber gambar: http://tipsciamik.com

Ada yang tahu Bilbo Baggins? Itu yang ikut main di Film The Hobbits. Maka sudah tak asing dengan bentuk rumahnya yang unik dan Selandia Baru merupakan jawabannya, sangat ingin menginjakkan kaki diantara rerumputan hijau sambil menikmati mahakarya sang Pencipta, mungkin tak banyak informasi mengenai perkembangan Islam di sana. Namun yang jelas meresapi nikmat hidup dan keindahan dapat membuat diri lebih mensyukuri seberapa penting hidup ini. Ya sejauh impianku membawaku nanti.

9.      INDIA
Sumber gambar: http://lonelyplanet.com

Penyuka Bollywood pasti sudah tak asing akan negara ini. Sebuah sejarah telah dibangun atas pembuktian cinta, seperti Taj Mahal dengan keindahan ornamennya. Mengambil beberapa moment bersama keluarga disini pasti mengasyikkan terlebih jika setiap perjalanan itu niat ibadah dan bukan sekedar jalan-jalan semata. India juga merupakan negara dengan populasi ummat islam kedua di dunia setelah Indonesia. Banyak wisata religi yang bisa dinikmati entah itu di Agra, Heyderabad, Gujarat, dan lainnya. Aku menyukai negara ini, satu kata “Wonderful”.

Ini adalah negara-negara impianku, mengupasnya satu persatu tak akan cukup namun ada satu hal dari semua itu bahwa perjalanan adalah lorong kehidupan, perjalanan akan terasa bermakna ketika melihat dari sisi yang berbeda. Bukan hanya sekedar  jalan-jalan untuk senang-senang semata namun sebuah pelajaran hidup bahwa bukan cuman diri sendiri yang bermimpi tapi juga negara yang di jelajahi mereka juga punya mimpi, mimpi untuk bertahan hidup dan mimpi untuk tak mati ditinggal zaman, dari mimpi  itulah yang membuatku, dan membuatmu bermimpi menjelajahinya dan sampai menginjakkan kaki di tanahnya. Aku ingin lebih mengenal seperti apa aku, menemukan makna baru dan inspirasi dari setiap perjalanan, aku ingin lebih mengenal agamaku bukan untuk sekedar menganutnya dan mengkotak-kotakan maknanya, menjadi agen muslim yang baik walau berniqab namun tetap menghormati setiap norma dan aturan setiap negeri yang aku jelajahi nantinya. Setidaknya membuat mereka memahami bahwa tak semua memakai niqab itu menakutkan untuknya. Karena selalu ada cinta, keajaiban dan pelajaran kehidupan yang membuatmu menghargai hidup ini dan menjadi manusia lebih baik lagi.

Sampai bertemu negara impianku………………….



Alexandria Shofia

Komentar

Postingan Populer