Be a Halal Traveler bersama Cheria Halal Wisata menapaki jejak para nabi di 3 negara



     Dari kecil aku selalu ingin berkeliling dunia terlebih menapaki jejak para nabi, seolah membuatku seakan mengejar peradaban setiap masa untuk menemukan pelajaran, pengalaman dan kebahagiaan yang tak bisa dibahasakan. Ini adalah keinginanku yang selalu kuulang bahkan tak jarang aku akan menuliskannya sambil berimajinasi seolah aku telah menapaki jejak para nabi itu. 




" Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."
(QS. Surat Al-Mulk Ayat 15)
    Dan semuanya berawal setelah membaca ayat ini dalam al quran bahkan aku sampai menghafalkannya biar tidak lupa, membuat azzam-ku sebagai muslim tidak pudar bahwa ajaran pada agamaku bukan hanya soal syahadat tetapi juga lebih dari itu menganjurkan pemeluknya melakukan perjalanan di muka bumi ini. Tapi bukan sekedar perjalanan biasa tapi perjalanan menyertakan iman dan semakin menguatkan iman dan cinta pada sang khaliq setelahnya. Sungguh luar biasa bukan? Jalan-jalan aja bisa bernilai ibadah apalagi sebagai anak milineal traveling adalah hal yang wajib menjadi daftar dalam kitab kehidupan. Ya sekali seumur hidup, kenapa tidak?
      Apalagi studi kerja sama antara Global Commission on Aging and Transamerica Center for Retirement Studies dengan US Travel Assosiation meluncurkan Travel Effect di Januari 2015, diamana berisi kampanye yang menekankan manfaat kesehatan yang diperoleh dari traveling.  Tidak hanya mengurangi stress tapi juga membuat kita belajar bertoleransi dan berpikir lebih terbuka.
       Sejak dari kecil aku selalu punya kebiasaan membaca peta bahkan sampai berjam-jam. Hingga dijuluki peta berjalan. Sebuah kepuasan tersendiri apalagi rasanya seperti keliling dunia tanpa harus meninggalkan tempat dudukmu. Sampai buat travel map khusus tour jejak para nabi. Setidaknya sebagai doa, tidak apa kan?  Mesir, Yordania, Palestina, Yerussalem( Al Aqsa) dan Oman insyaaAllah aamiin.



 
Sumber: google.com







Aku selalu yakin bahwa Allah akan memampukan dengan izin-Nya dengan cara yang tak terduga. Bukankah ini bumi Allah? Dan semua mudah bagi Allah. Dan tak lupa saran dari ustadz Yusuf Mansyur berupa bacaan 100 shalawat, 100 tasbih, 100 istighfar, setelah lihat di intagram beliau berusaha aku amalkan, karena usaha itu tidak akan pernah menghianati hasil.
      Berbicara menapaki jejak para nabi seperti ada sebuah kerinduan yang tidak bisa di bahasakan dengan kata-kata, salah satunya adalah sebuah kampung halaman ummat Islam nun jauh disana. Yerussalem, dimana masjid Al-Aqsa berdiri kokoh disana yang merupakan kiblat pertama ummat Islam. Apalagi mengunjungi makam imam syafii di mesir, menginjakkan kaki di Ashabul kahfi Yordania dan berziarah di makam nabi dan rasul lainnya. Namun rindu akan selamanya menjadi rindu jika hanya berdiam diri tanpa mencari cara menemukan solusinya, ibadah saja tidak cukup jika tanpa ikhtiar bukan? Jadi harus tahu.
      Karena tak tahu maka tak cinta dan tak cinta maka tak sayang dan tak sayang maka kemana-kemana tapi tidak harus kemana-kemana apalagi kelain hati untuk mencari belahan jiwa karena kamu akan bahagia jika mengenal yang satu ini bahkan menjadi lebih ceria. Percaya sama aku karena ini bukan pemberi harapan palsu apalagi hoax. 

    Jadi awal tahun 2018 berhubung karena aku ingin sekali menapaki jejak para nabi dan menjadi halal traveler maka mulailah searching di google dan tanpa sengaja aku mencari tentang napak tilas bumi para nabi hingga menemukan website Cheria Halal Wisata, jadi selama semingguan aku fokus di website Cheria, mulai mencari tahu programnya, sampai download informasinya dan membuatku ceria sama seperti nama perusahaannya Cheria Halal Wisata  atau Cheria Holiday yang juga menambah semangat buat nabung agar tahun depan I can be halal traveler bersama Cheria Halal Wisata menapaki jejak para nabi di 3 negara. 


Sumber: Cheria Holiday
       Sebagai seorang muslim tentu banyak hal yang menjadi faktor pendukung ketika traveling apalagi dengan meningkatnya populasi muslim dunia juga menjadikan wisata halal itu merupakan kebutuhan dimana memudahkan tidak hanya dari segi tersedianya restoran yang bersertifikat halal bahkan sampai persoalan ibadah pun menjadi hal yang sangat di perhatikan. Jadi bukan kekhawatiran lagi untuk menjadi halal traveler apalagi di Cheria Holiday menyiapkan paket wisata halal penuh makna untuk keluarga Indonesia, dimana waktu sholatnya pun sangat di perhatikan di tambah dengan guide berpengalaman jadi sudah tidak diragukan lagi bahkan di google menjadi urutan pertama pilihan pembaca sebagai website travel yang sering di cari.


Sumber: Cheria Holiday
 Sumber: Cheria Holiday
Tidak hanya itu saja tapi Cheria Halal Wisata juga punya aplikasi yang  bisa kamu unduh kapan saja. Dan ini sangat menjawab tuntutan kepraktisan milineal di jaman now. Karena hanya dari hp-mu tinggal klik lalu muncul informasinya. Keren sekali bukan? Siapa dulu Cheria Halal Wisata.

Sumber: Cheria Holiday

Setelah searching dan buka website Cheria Halal Wisata jadi aku sempat diskusi kecil sama abi soal keinginanku menjadi halal traveler dan menapaki jejak para nabi alhasil segala pertanyaan di lontarkan abi-ku tapi bukan aku namanya kalau tidak bisa menjawab itu. Jadi kurang lebih diskusiku seperti ini.


Aku: “Abi aku ingin sekali kita sekeluarga menapaki jejak para nabi?tapi kapan ya? Kakak ada informasi nih mengenai cara untuk menapaki jejak para nabi sekaligus menjadi halal traveler. Namanya itu Cheria Halal Wisata
Abi: “insyaaAllah kita akan kesana nak, kita punya Allah jadi semua mudah semua punya waktunya. Tadi informasinya apa?Cheria Halal Wisata itu bagaimana?Kenapa harus itu?”
Aku: “Ini nih bi namanya Cheria Halal Wisata. Kakak udah cek web-nya, juga buka media sosial Cheria yang lain. Programnya bagus bi dan bagus banget apalagi buat family tour atau sendiri. Jadi ini nih profile-nya....”
Sumber: Cheria Holiday edit by me




Sumber: Cheria Holiday
Abi: “ini aman dan terpercaya kan nak?” 
Aku: “iya bi alhamdulillah Cheria Halal Wisata itu aman dan terpercaya. Ini buktinya bi...”


Abi : “Testimoninya ada tidak nak? Kan banyak yang ada mengaku aman dan terpercaya tapi tak ada testimoninya bahkan testimoninya takutnya anonim”
Aku : “Iya abi apalagi takut penipuan sana sini juga. Kalau  testimoninya Cheria banyak bi bahkan ada foto buktinya juga loh, mulai dari artis sampai ustadz kondang tanah air. Ini bi foto-fotonya...”


Wisata Domestik



Aa Gym dan Ustadz Bachtiar ikutan juga loh
Pevita Pearce dan Kenan Pearce pake Cheria Halal Wisata juga

Sumber: cheria holiday
Abi: “MasyaaAllah kalau begitu kita harus masukin di list buat program traveling jangka panjang dan semoga saja tahun depan atas izin Allah kita berangkat kesana ya nak sekeluarga”
Aku: “Allahumma aamiin abi, kita sekeluarga pakai Cheria Halal Wisata kan bi?”
Abi: “InsyaaAllah, kalau ada yang bagus lalu kenapa harus cari yang lain lagi”
Abi tersenyum dan aku larut dalam munajat doaku, semoga yang dilangit juga meng-aaminkan.

       Ya itulah tadi yang ingin saya beritahukan tiada lain dan tak bukan adalah Cheria Halal Wisata  Tour & Travel . Bagaimana? Sudah mendapat pencerahan? Karena aku sudah begitu yakin dan memantapkan hati untuk meweujudkan impianku be halal traveler bersama Cheria Halal wisata menapaki jejak para nabidi 3 negara. Dan kabar baiknya ternyata Cheria Halal Wisata akan buka pakettour jejak nabi dan rasul di bulan november ini loh. Siapa yang tidak mau ke Yordania, dan Mesir terutama mengunjungi Al Aqsa Yerussalem Palestina. Kalau aku sih mau.


Katakanlah "Kamu Akan Mengunjunginya"
 لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِي هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَ
"Tidak disarankan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), dan Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)". (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).
 
Namun sebelum membaca lebih lanjut mari mendengar sejenak adzan di Al Aqsa untuk mengobati kerinduan menapaki jejak nabi di Masjid Al-Aqsa.


Selama 11 Hari Mengunjungi 3 Negara ( Palestina + Jordan + Mesir )

Jadi kita hanya perlu membayar sebesar $1640/ Pax ( harus nabung nih) dan Setiap Bulan Berangkat Dengan Pesawat OMAN AIR. 

Hari ke – 1. Cairo Arrival ( No Meal)
    Peserta akan berangkat menuju Cairo dengan penerbangan Oman Air pada pukul 14:50.

Sumber: omanair.com edit by me
Tiba di Cairo International Airport pukul 23:45 waktu setempat peserta langsung bertemu dengan Guide langsung proses Imigrasi. Setelah itu peserta akan diantar ke Hotel untuk istirahat. Peserta bermalam di Cairo.

Sumber: Google

Hari ke – 2. City Tour Cairo Full Day (B, L, D)

 Piramid dan Spinx
Sumber: Cheria Holiday


Sumber: Cheria Holiday and Temoteur

Peserta sarapan pagi dihotel. Lalu ke Makam Abū ʿAbdullāh Muhammad ibn Idrīs al-Shāfiʿī, yaitu seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi'i. Dilanjutkan dengan mengunjugni Pyramid dan Sphinx, piramida yang merupakan kuburan sang raja ini dibangun oleh 100.000 pekerja. Sphinx itu patung singa berkepala manusia. Kemudian ke Parfume Factory dan Papyrus. Peserta makan siang bersama. Setelah itu ke Egyptian Museum yang memiliki ruang khusus dan isinya terdiri dari koleksi mumi. Disini banyak peninggalan raja paling muda yang terbuat dari bahan emas murni. Koleksi yang paling fenomenal di museum Mesir ini adalah harta karun peninggalan raja Tuthankhamen. Perjalanan dialnjutkan menuju Masjid Al Azhar, serta Husein Mosque sekaligus ziarah ke makam cucu Rasulullah SAW. Kemudian peserta akan diajak belanja di Khan El Khalili Bazaar, disini banyak menjual pernak-pernik khas Mesir seperti gelang, kalung, lampu, miniatur piramid, pashmina, scarf, bumbu dapur, keffiyeh, karpet, magnet kulkas, papyrus, alat musik tradisional, topi mantel, kartu pos, sepatu kulit, abaya (baju panjang semacam gamis), peralatan shisha, sampai kostum penari perut dan benda-benda khas untuk oleh-oleh. Tidak hanya itu, di pasar ini juga banyak dijual rempah-rempah untuk bahan obat herbal atau bumbu-bumbu masak kering. Terakhir ke Nile Cruise, ini merupakan restoran terapung di Sungai Nil. Disini peserta dapat menikmati makan malam, tari Khas Mesir dan ada live musiknya
Husein Mosque

Sumber: Tripadvisor


Masjid Al Ashar
Sumber: Google.com


Nail Cruise
Sumber: Tripadvisor 

Hari ke – 3. Cairo – Alexandria – Cairo (B, L, D)

Makam Nabi Danial
Sumber: google.com

       Peserta sarapan pagi dihotel. Kemudian dialnjutkan dengan perjalanan menuju Alexandria dengan berkunjung ke Makam Nabi Daniyal dan Lukmanul Hakim
 Makam Luqman Hakim
Sumber: Google
Dilanjutkan dengan mengunjungi Masjid Mursi Abu Abbas, Makam Imam Busiri, Makam Abu Darda yang merupakan sahabat Rasulullah SAW. Menikmati indahnya Pantai Alexandria dari Istana Montazah yang merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga Raja Farouk. Mengunjungi Perpustakaan Alexandria, diajak melihat Laut Mediteranian, dan Citadel of Qaitbay. Kembali ke Cairo untuk makan malam dan istirahat.
 Pantai Alexandria dan Laut Maditerania
Sumber: daftarpemandanganindah

( Alexandria mengunjungi Alexandria, aamiin :D)
Istana Qaitbay
Sumber: english.ahram.org.eg

 Perpustakaan Alexandria
Sumber: www.hermankhan.com

Hari ke – 4. Cairo – Terusan Suez – St. Catherine – Gn. Sinai (B, L, D)

ST. Catherine

Sumber: temoteurs
Terusan Suez
Sumber: Eramuslim.com


Sarapan pagi di hotel, kemudian peserta akan melanjutkan perjalanan menuju ST. Catherine melalui Terusan Suez yang memisahkan Benua Asia dan Afrika dan sebagai sumber Devisa negara Mesir dengan melewati Terowongan Ahmad Hamdi dan melewati ‘Uyun Musa yang merupakan 12 sumur air Nabi Musa. Kemudian melihat lokasi dimana Raja Fir’aun tenggelam di Laut Merah. Kemudian makan siang dan dilanjutkan ke Patung Al – Samiri serta Biara St. Catherine, dan hiking Gunung Sinai untuk melihat keindahan matahari terbenam serta berdo’a di puncak Gunung. Setelah semua selesai, menuju St. Catherine dengan mengunjungi Masjid Al-Wadi Al-Muqaddas, Makam Nabi Harun serta Makam Nabi Sholeh. Lalu makan malam dan bermalam disana. 
Gunung Sinai
Sumber: temoteurs

Terowongan Ahmad Hamdi
Sumber: Wikipedia 
‘Uyun Musa
            Sumber: bharian.com.my

Patung Samiri
            Sumber: bharian.com.my

Hari ke – 5. Gn. Sinai - Taba (B, L, D) 
Setelah sarapan, dilanjutkan dengan ke sekitaran Biara St. Catherine untuk melihat Pohon Yang Terbakar pada saat Allah SWT berbicara langsung kepada Nabi Musa dan Surat Perjanjian / Jaminan Nabi Muhammad SAW kepada umat Kristen yang hidup dibawah kepemimpinan Islam. Setelah itu perjalanan ke Kota Taba untuk melihat Laut Merah. Bermalam di Taba.
 
Laut Merah dari arah bukit Sinai
Sumber: Tripadvisor

Hari ke – 6. Taba – Jerussalem (Baitul Maqdis) – Hebron – Nabi Yunus (B, L, D)
Bukit Zaitun
Sumber: Cheria Holiday
     Peserta sarapan pagi dihotel. Pada hari ini peserta akan melakukan perjalanan menuju perbatasan Taba untuk proses imigrasi menuju kota Jerusalem. Selesai penyebrangan di perbatasan peserta akan diantar menuju Bukit Zaitun, lalu mengunjungi Masjid Al-Aqsa sekaligus sholat disana. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju Betlehem dengan mengunjungi Nativity Chruch (Kanisat Al-Mahd) serta berkunjung ke Masjid Omar kota Betlehem serta ke Kolam Salomo (Birak Suleiman). Lanjut menuju Hebron dengan mengunjungi AL-Haram Al-Ibrahimi, serta kota tua dan melihat pemandangan dari kota Hebron. Kemudian terakhir yaitu mengunjungi Makam Nabi Yunus di kawasan Halhoul Village, sekitar 5km dari Kota Hebron. Setelah itu peserta akan diantar ke hotel untuk istirahat dan bermalam di Jerusalem.
 Hari ke – 7. City Tour Jerusalem, full day (B, L, D) 

       Peserta sarapan pagi dihotel, untuk kemudian city tour Jerusalem. Jerussalem termasuk dalam kota yang bersejarah. Di sini anda bisa temukan banyak bangunan bersejarah, museum sejarah, kitab agama samawi yerusalem, serta pemandangan yang menarik. Hari ini peserta akan mengunjungi Komplek Al – Aqso (Al-Haram Al Sharif), seperti Dome of the Rock, MT. Olive, Salam El Farisi Mosque dan Bouraq Mosque. Dome of the Rock yaitu bangunan kubah batu dengan warna emas yang khas ini merupakan salah satu ikon kota tua Jerusalem. Di sinilah Nabi Muhammad pernah melakukan perjalanan mi'raj menuju surga setelah terlebih dulu melakukan perjalanan gaib dari Masjidil Haram Mekah. 

      Setelah itu berjalan di dalam tembok Al-Quds melalui Via Dolorosa. Kemudian ziarah ke makam Rabiah El Adawiyah, pemilik nama lengkap Rabi'ah binti Ismail al-Adawiyah al-Bashriyah ini merupakan tokoh sufi perempuan. Sosok yang dikenal dengan sebutan the mother of the grand master atau Ibu para sufi besar ini terkenal dengan sikap zuhudnya. Setelah itu ke pasar tua di kota suci (Al Qahtani, Khan Al Zait, Al Atarin), kemudian mengunjungi Gereja Makam Kudus dan Omar Mosque. Perjalanan terakhir hari ini ke Golgotha atau yang terkenal dengan tempat Yesus disalibkan oleh kaum Yahudi. Bukit ini dijaga oleh kaum Muslim turunan langsung Salahudin, yang sangat dihargai dan dihormati di daratan Eropa karena berhasil menaklukan Jerusalem. Setelah itu peserta diantarkan ke hotel untuk bermalam di Jerusalem. 
Masjid Al Aqsa 
                                                                Sumber: Tripadvisor

8.      Hari ke – 8. Jerusalem – Jericho – Allenby – Petra (B, L, D)

Petra
Sumber: Tripadvisor
     Peserta sarapan pagi di hotel, lalu akan melanjutkan perjalanan menuju Jericho, kota tertua di dunia dengan mengunjungi Makam Nabi Musa. Usai ziarah langsung ke Allenby Bridge untuk menyebrang kembali ke Jordan. Kemudian mengunjungi Kerak dan Muta’a dan dilanjutkan dengan makan siang. Lanjut kunjungan ke Zaid bin Haretha, Jafa’a bin Aby Taleb, dan Abdallah bin Rahawa. Terkahir, ke Istana Shobak, lalu menuju Petra untuk makan malam di hotel dan bermalam di Petra
Istana Shobak
Sumber: Tripadvisor 

Hari ke – 9. Petra – Dessert Safari Wadi Rum – Amman (B, L, D)

 Wadi Rum
Sumber: Tripadvisor
     Peserta sarapan pagi di hotel dan check out. Setelah itu peserta diajak menikmati Dessert Gurun Pasir di Wadi Rum, makan siang di restoran lokal. Kemudian peserta diajak mengunjungi Ashabul Kahfi, gua yang menjadi latar belakang kisah tujuh pemuda yang melarikan diri dari kekejian seorang raja bernama Dikyanus. Mereka melarikan diri ke dalam gua bersama seekor anjing peliharaan salah seorang pemuda di antara mereka dan tertidur selama lebih 300 tahun hingga akhirnya dibangunkan kembali. Dan terakhir mengunjungi Makam Abdurrahman bin Awf. Bermalam di Amman.

Hari ke – 10. Amman – Muscat (B, L
Makam Bilal bin Rabah
     Setelah sarapan pagi, kemudian ziarah ke Makam Bilal bin Rabah. Peserta makan siang di restoran. Kemudian peserta akan diantar ke Queen Alia International Airport untuk penerbangan ke Muscat dengan pesawat Oman Air pukul 19:10 waktu setempat. Tiba di Muscat pukul 23:45, transit di muscat untuk terbang kembali kembali menuju Jakarta pukul 01:55 waktu setempat. 

Queen Alia Airport Yordania
Sumber: Tripadvisor
 
Hari ke – 11. Jakarta Arrival (No Meal)
Hari yang ditunggu-tunggu dimana peserta sampai di Indonesia pukul 13:20.  Setelah ikutan halal traveler menambah pengalaman,wawasan dan azzam yang kuat sebagai muslim. Terimakasi menjadi bagian dari paket tour jejak nabi dan rasul Cheria Halal Wisata.


Optional Tour :
1. Di hari ke – 2 tersedia optional tour untuk ke Ruangan Khusus Mumi Fir’aun dengan harga USD 15 / pax
2. Di hari ke – 4 tersedia optional tour yaitu mendaki ke Gunung Sinai, dengan harga USD 40 / pax

Harga sudah termasuk :
1. Tiket penerbangan by Oman Air
2. Akomodasi Hotel sesuai dengan rincian perjalanan
3. Transportasi sesuai dengan rincian perjalanan
4. Makanan halal sesuai dengan rincian
5. Tiket masuk ke museum sesuai rincian
6. Guide yang bisa Bahasa Indonesia
7. Departure Tax perbatasan
8. 2 botol air mineral per orang selama perjalanan
9. 1 botol besar air mineral selama makan (share untuk 4 orang)
10. Fasilitas wifi dalam bis




Harga tidak termasuk :
1. Asuransi perjalanan
2. Tipping
3. Visa Cairo
4. Visa Israel
5. Pengeluaran pribadi
6. Minuman tambahan seperti soft drink . juice dan lain – lain yang tidak sesuai dengan rincian perjalanan.



Daftar Hotel :
1. Cairo : Grand Nile atau setaraf (*5)
2. ST. Chaterine : Catherine Plaza atau setaraf (*3)
3. Taba : Hilton Hotel atau setaraf (*5)
4. Jerusalem : National atau setaraf (*4)
5. Petra : Panorama Petra atau setaraf (*4)
6. Amman : Sadeen / Arana Space Amman atau setaraf (*4)

Ini nih hotel yang akan akan ditempatin menginap, hotel berbintang loh. Bagaimana? Bagus kan?
Berikut testimoni mereka yang sudah pernah ikut paket tour jejak nabi dan rasul bersama Cheria Halal Wisata.


Para halal traveler mengikuti paket tour nabi dan rasul




Bagi kamu yang masih penasaran mengenai informasi yang lebih dan sudah tidak sabar lagi untuk ikut menjadi halal traveler bersama Cheria Halal Wisata maka silahkan hubungi kontak di bawah ini atau mengunjungi kantor pusatnya langsung untuk lebih teredukasi lagi.
 Ini nih kantor pusat Cheria Halal Wisata yang berada di daerah Jakarta Selatan.



Suasana dalam kantor Cheria HalalWisata

Tim Cheria yang selalu ceria
Sumber: Cheria Holiday
Dan ternyata aku belum punya paspor,
seketika tabungan belum cukup dan semoga dalam waktu dekat ini buat paspor biar tahun depan I will be halal traveler bersama Cheria Halal Wisata menapaki jejak para nabi di 3 negara.

Bagaimana dengan kamu? Mau ikut paket tour nabi dan rasul bersama Cheria Halal Wisata tidak? Siapa tahu kamu menjadi the halal traveler selanjutnya.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Artikel Kreatif #8 Tour Halal Aqso dari Cheria Holiday. Saya mengharapkan komentar dandoa dari teman-teman sekalian supaya saya bisa berkesempatan menjumpai Al-Aqso diawal tahun depan. 
cheria-travel.com

cheria-travel.com


Sumber Referensi:
Alquran
Video: Youtube Cheria Holiday
Tripadvisor





Komentar

  1. InsyaaAllah semoga dimudahkan impiannya ♡ jadi ingin tour aqsa juga bareng guru2 smp negeri 7 pinrang...semoga next time bisa terlaksana dan jadi the next halal traveler....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terimah kasih insyaaAllah semoga dimudahkan resekinya bersama guru-guru smp 7 pinrang biar bisa jadi the next halal traveler bareng Cheria Halal wisata

      Hapus
  2. Lengkap banget informasi tentang Cheria Halal Holiday. Bener banget...be a halal traveler. Semoga bisa ikut nih ziarah ke Al Aqsha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah meluangkan waktunya membaca blog saya ini, aamiin insyaaAllah ...good luck hani May Allah make your dream be true...

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat, semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  4. Nice info kakak. Jadi pngn liburan juga. Emmmmm. 😁😍

    BalasHapus
  5. Blog merupakan salah satu sarana menyebar informasi... Salut... Mantap

    BalasHapus
  6. Semoga apa yg diinginkan itu bisa terwujudkan bersama keluarga tercinta..Aamiin

    BalasHapus
  7. Shalsabilla Syamsul23 Desember 2018 pukul 03.23

    Wahh informasi yang bermanfaat bangett dan kak shofi selalu aja menginspirasi, jadi kpengen traveling juga hehe
    Semoga semua impiannya terwujud ya kak..
    Allahumma Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makasih dek,,, oh iya kalau kk menghilang sementara dari WA itu karena hp kk rusak. Sampaiin semangat dan kangen kk untuk teman2 di grup ;)

      Hapus
  8. Masya allah.. Smga Allah beri kelancaran u/smuany k.. آمين اللهم آمين

    BalasHapus
  9. Smoga ki jg punya kesempatan jalan2 bersama ceria halal wusata

    BalasHapus
  10. Terimakasih semuanya untuk support dan doanya, dan terimakasih juga untuk 270 orang yang hanya mampir untuk melihat tulisan ini. Alhamdulillah belum reseki saya masuk 5 besar karena hanya 14 orang yang memberikan like dan komentarnya namun ini sudah alhamdulillah sekali untuk saya bisa masuk 10 besar. Terimakasih sudah meluangkan waktunya, karena kalau bukan Allah dan kalian maka blog ini bukan apa-apa :) *Jangan sungkan untuk sekedar mampir membaca tulisan saya. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari setiap perjalanan hidup yang kita jalani because My Life My Adventure.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer